Cara Agar Blog Muncul di Google Paling Atas Halaman Pertama

Tirta Wahyu

0 Comment

Diperbaharui tanggal:

Cara Agar Blog Muncul di Google Paling Atas

Memiliki blog yang populer adalah cita-cita para blogger di dunia. Seakan mereka berlomba untuk mendapatkan trafik sebanyak-banyaknya dengan berbagai cara… tentunya banyak yang harus dioptimasi agar blog muncul di Google paling atas.

Bagaimana agar blog bisa muncul di Google dan mendapatkan banyak pengunjung? Jangan bingung sob! Diartikel ini teman-teman bisa mempelajari tentang optimasi agar blog tampil di Google dengan baik.

Yuk langsung simak penjelasannya step by step…

Alasan Mengapa Blog Tidak Muncul di Pencarian Google

Banyak alasan mengapa blog yang kita bangun kok ternyata tidak muncul di hasil pencarian Google. Kurang lebih saya berikan penjelasan seperti berikut ini…

1. Belum Daftar Google Webmaster

Apabila teman-teman membuat blog baru, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah dengan mendaftarkan link blog teman-teman ke Google webmaster, dalam hal ini teman-teman harus submit blog ke GSC (Google Search Console), silakan daftar…

Biasanya membutuhkan waktu beberapa hari sampai blog terverifikasi dan akhirnya terindex di pencarian Google.

2. Masih Proses Perayapan Googlebot

Apabila teman-teman mendapati blog masih belum terindex, maka disini teman-teman masih harus tetap menunggu perayapan oleh Googlebot, yang tugasnya mengecek konten di blog teman-teman.

3. Kata Kunci yang Berlebihan

Ini merupakan pangalaman saya pribadi, saya pernah mendapati blog saya lama banget tidak terindex di pencarian Google. Ternyata eh ternyata… kata kunci yang saya gunakan untuk membuat artikel ternyata berlebihan, hal tersebut membuat artikel gagal terindex.

Ada kemungkinan karena Google menganggap artikel yang saya buat dikategorikan sebagai spam, sehingga tidak mendapatkan prioritas untuk diindex. Mungkin ada teman-teman yang mengalami hal serupa?

4. Terkena Deindex

Deindex artinya konten blog sudah tidak ada dipencarian Google. Banyak faktor yang membuat sebuah blog mengalami deindex.

Salah satu penyebabnya adalah blog tidak mematuhi peraturan dari Google. Bisa jadi blog yang sedang dibangun mengandung spam, penipuan, dan judi maupun hal lainnya yang tidak sesuai ketentuan.

Jadi sebaiknya bikin blog yang mematuhi aturan dari Google agar aman.

5. Masa Sandbox

Untuk blog baru biasanya mengalami masa-masa sandbox, jadi bisa saja blog baru belum terindex dan menunggu beberapa hari agar bisa muncul di pencarian Google.

Baca juga:  Panduan Membuat About Us di Blogger dan WordPress

Solusinya mudah saja, fokus untuk update konten blog secara rutin, jangan sampai dalam satu bulan tidak ada artikel yang dipublikasikan.

6. Google Update Algoritma

Dalam satu tahun Google bisa melakukan update algoritma pencarian berkali-kali, itu sebabnya beberapa teman yang membangun blog baru akan susah untuk muncul di Google.

Disini teman-teman bisa tenang apabila blog yang dibangun sudah sesuai ketentuan pihak Google. Sekali lagi tetap fokus update konten blog saja.

7. Konten Tidak Berkualitas

Update algoritma terbaru Google kemarin berfokus pada “Helpful Content”, yang artinya para Blogger dituntut untuk memberikan konten yang berkualitas dengan tujuan untuk membantu memberikan informasi yang akurat untuk para pembaca blog.

Seperti halnya artikel yang dibuat menggunakan teknologi Ai, apabila hanya dibiarkan apa adanya akan berakibat fatal untuk perkembangan blog teman-teman. Pastikan untuk memberikan sentuhan akal pikiran manusia pada artikel Ai tersebut agar unik dan bermanfaat untuk pengguna.

Faktor Lain yang Mempengaruhi Muncul Tidaknya Blog Anda di Google

Ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi blog bisa muncul di pencarian Google atau tidak. Kurang lebih ini penjelasannya…

1. Kualitas Domain

Percayalah, domain yang berkualitas buruk malah akan menambah beban dalam membangun sebuah blog. Saya hanya bisa menyarankan untuk membeli domain baru saja daripada expired domain maupun aged domain.

Domain baru akan lebih mudah untuk dikembangkan untuk blog yang tahan banting dan hidup jangka waktu lama. Jangan lupa baca tips memilih nama domain.

2. Kecepatan Blog

Hal yang paling mendasar kecepatan blog adalah dari hosting yang digunakan. Apakah hostingnya bagus? Silakan cek kualitas web hosting dari beberapa provider untuk dibandingkan.

Jika ingin serius ngeblog, maka pastikan menggunakan hosting berkualitas agar kecepatan blog menjadi lebih optimal. Teman-teman bisa membaca tips memilih hosting.

Perlu diketahui bahwa spam link sangat bertentangan dengan ketentuan dari Google. Seberapa pengaruhnya? Sangat fatal… bila melakukan spam link, blog teman-teman bisa saja dibanned dari pencarian Google.

Hal tersebut berimbas pada blog yang tidak muncul di Google karena deindex ataupun emang dihapus oleh Google dari daftar pencarian. Jadi sobat perlu hati-hati ya agar blog muncul di Google.

Baca juga:  Tips Memilih Nama Domain yang Baik untuk Website (Blog)

4. Infeksi Malware atau Virus

Teman-teman Blogger sebaiknya hati-hati terkait malware dan virus yang setiap saat dapat mengancam keamanan situs WordPress. Gunakan antivirus maupun plugin keamanan untuk antisipasi dari tangan-tangan jail yang tidak bertanggungjawab.

Apabila blog teman-teman terinfeksi malware, bisa jadi index artikelnya hilang maupun bisa juga diganti dengan link spam mereka.

Bagaimana Cara Agar Blog Muncul di Google?

Cara agar blog bisa muncul di pencarian Google paling atas sangatlah mudah apabila dikerjakan dengan penuh kesabaran dan dengan mentaati ketentuan yang berlaku di Google.

Untuk blog baru bisa mengikuti beberapa tips yang saya bagikan dibawah ini…

1. Daftarkan Blog di Google Search Console

Sesuai panduan dari Google Webmaster, setiap pemilik blog atau website wajib untuk mendaftarkan link utama blognya ke GSC. Dimana nantinya GSC akan bermanfaat untuk optimasi blog di mesin pencari Google.

2. Submit Sitemap Blog di GSC

Setelah mendaftarkan blog di GSC, jangan lupa untuk submit sitemap blog ke GSC, yang mana hal ini sangat bermanfaat untuk memberikan informasi ke Googlebot setiap ada konten baru maupun konten yang diupdate.

3. Daftarkan Blog di Google Analytics

Selanjutnya silakan teman-teman mendaftarkan blog kesayangannya ke Google Analytics agar bisa memantau seberapa banyak pengunjung yang datang mengunjungi konten blog sobat.

4. Memasang SSL

Selain diatas, hal yang tidak kalah penting adalah dengan memasang SSL di domain untuk keperluan keamanan dan juga sesuai dengan panduan Google.

Banyak yang percaya bahwa dengan memasang SSL dapat meningkatkan SEO konten agar blog muncul di Google paling atas dengan mudah. Silakan dibuktikan sob!

Tips Optimasi Artikel Agar Muncul di Pencarian No. 1 Google

Sudah banyak ya yang perlu dilakukan agar blog muncul di Google dengan baik… Tentunya masih banyak juga yang harus dilakukan untuk memaksimalkan potensi konten atau artikel blog agar bisa dihalaman pertama Google, dan bahkan bisa No. 1 di Google.

Untuk artikel blog tentunya harus memperhatikan beberapa hal berikut ini…

1. Riset Kata Kunci

Sebelum memulai membuat konten artikel, riset keyword wajib teman-teman lakukan. Pastikan mencari kata kunci yang relevan sesuai topik blog yang dipilih.

Tips riset kata kunci dari saya adalah… pilih keyword yang pencariannnya banyak dan kompetitornya sedikit. Bagaimana caranya? Kapan-kapan kita bahas di pembahasan terpisah ya…

Baca juga:  Panduan Mencari Topik Blog yang Paling Banyak Dikunjungi

Keyword dengan pencarian banyak dan minim kompetitor adalah kunci!

2. Membuat Artikel Unik dan Lengkap

Selanjutnya pastikan membuat artikel SEO yang unik dan lengkap. Maksudnya, artikel harus original tulisan tangan sendiri, tidak direkomendasikan menggunakan teknologi Ai ya.. Haram!

Buat kerangka artikel terlebih dahulu agar mudah untuk mengembangkan kontennya. Kalau saya biasanya mencari kata kunci utama untuk dimasukkan ke dalam judul dan kata kunci turunannya sebagai sub-sub judul didalam artikel.

Silakan bereksplorasi sesuai dengan ketrampilan masing-masing.

Jika sudah membuat artikel dan sudah banyak kontennya… jangan lupa untuk memberikan internal link pada setiap konten yang relevan satu sama lain.

Ini tentunya memerlukan teknik yang dinamakan dengan topik klustering (Topic Clustering), yaitu dengan mengelompokan artikel berdasarkan topik terterntu.

Misalnya saja topik berkaitan dengan blogging, maka di topik tersebut hanya ada artikel yang berhubungan dengan blogging, tidak boleh dicampur misalkan topik sosial media.

Dalam perkembangannya, suatu blog nantinya akan terdapat link yang rusak, entah itu dari link keluar maupun link dalam sebuah artikel.

Untuk mengeceknya teman-teman memerlukan tool yang namanya “broken link checker” silakan cari sendiri ya… ada website khusus untuk mengecek link rusak tersebut, dan ada juga plugin khusus yang bisa diinstall di WordPress.

5. Konsisten Membuat Konten

Hal yang paling berat dari seorang Blogger adalah konsistensi dalam membuat konten artikel. Butuh kerja keras serta kesabaran ekstra tinggi apabila dikerjakan seorang diri.

Apabila ingin konsistensinya terjaga, teman-teman bisa mengakalinya dengan cara merekrut orang untuk dijadikan tim. Namun apabila masih sanggup dilakukan seorang diri itu sah-sah saja…Fleksibel sesuai dengan kebutuhan ke depannya…

Simpulan dan Penutup

Untuk menjadikan agar blog muncul di Google paling atas tentunya tidak bisa dilakukan dengan cara yang instan ya teman-teman… Perlu waktu yang tidak bisa ditentukan dan kesabaran ekstra agar semua berjalan sebagaimana mestinya.

Tuliskan rencana dan buatkan tabel kerja untuk optimasi blog teman-teman semua dimasa mendatang. Pastikan semua terorganizir dengan baik dari penentuan keyword hingga produksi konten… pastikan benar-benar matang kemudian eksekusi.

Semoga bermanfaat!

Share this!

Tirta Wahyu

Hi, saya Tirta. Seorang Blogger dari Yogyakarta. Blog ini saya dedikasikan untuk membahas seputar Blogging dan dunia Microstock. Semoga bermanfaat ya! :)

Leave a Comment