Jualan Foto di Microstock Bisa Dapat Ribuan Dollar

Tirta Wahyu

Microstock

Saya mendapati baru-baru ini telah booming tentang konten kreator yang bisa berjualan aset di situs Microstock. Tidak heran, di situs tersebut banyak yang sudah sukses mendapatkan ribuan dollar per bulan dengan menjual foto, desain, maupun footage video.

Disinilah yang saya sebut aset digital, yaitu foto, desain, maupun video. Jika kamu seorang fotografer, desainer, maupun videografer, jualan di situs Microstock adalah pilihan yang tepat untuk menambah penghasilan.

Yuk kita bahas lebih lanjut…

Apa itu Microstock?

Umumnya Microstock adalah situs untuk berjualan aset digital berupa foto, desain, dan video, namun ada juga beberapa aset digital lainnya seperti slide powerpoint, landing page, audio, dan masih banyak lainnya.

Situs Microstock biasanya menawarkan pembagian hasil dari penjualan aset digital tersebut dengan presentase tertentu, tergantung dimana kalian menjualnya, semua sudah ada di peraturan masing-masing situs Microstock.

Pastikan aset digital yang dijual adalah benar-benar aset original atau asli buatan sendiri maupun tim.

Daftar Situs Microstock Populer

Selanjutnya ada beberapa daftar situs Microstock yang populer di kalangan konten kreator, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Shutterstock
  2. Freepik
  3. AdobeStock
  4. Vecteezy
  5. Dreamstime
  6. iStock
  7. Depositphotos
  8. Getty Images

Diantara 8 situs diatas sebenarnya masih banyak situs Microstock yang lainnya, namun sejauh ini kurang lebih itulah yang paling sering disinggung di grup-grup Microstocker.

Microstocker adalah sebutan untuk seseorang yang giat menjual aset digital di situs Microstock.

Keuntungan Berjualan di Microstock

Ada banyak keuntungan menjual aset digital di situs Microstock, beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Tambahan Penghasilan

Jualan foto di Microstock terbukti mampu menambah penghasilan. Silakan bisa cek di grup Microstock Indonesia, disana banyak yang berbagi pengalaman bagaimana caranya untuk mendapatkan lebih banyak download di situs Microstock.

Apalagi ada yang membagikan screenshot earning hasil penjualan yang mencapai ratusan dollar bahkan ribuan dollar. Bikin ngilerrrrr…

Walaupun ada pro kontra terkait pamer earning tersebut, saya mengambil sisi positifnya saja untuk dijadikan motivasi.

2. Meningkatkan Skill

Berjualan aset digital di Microstock ternyata mampu meningkatkan skill. Hal tersebut karena ada proses belajar yang diulang-ulang secara konsisten.

Saya sendiri merasakan manfaatnya, kemampuan saya untuk mendesain menjadi lebih meningkat dari yang sebelumnya hasil desain sangat berantakan.

Silakan mulai berjualan di Microstock mulai dari sekarang, karena dengan membuat aset digital akan ada banyak hal baru untuk dipelajari.

3. Menjadi Portofolio

Sisi positif dari berjualan foto maupun desain di situs Microstock adalah aset yang sudah diupload dan dijual bisa menjadi portofolio project.

Apabila ada klien yang membutuhkan jasa desain misalnya, saya hanya tinggal menunjukkan situs Microstock dimana saya menjual aset digital tersebut. Disitu bisa meyakinkan klien untuk menggunakan jasa saya.

4. Peluang Bisnis

Sudah sangat jelas jika menjual aset digital di situs Microstock adalah peluang bisnis yang menjanjikan.

Salah satu cara agar bisa berkembang dan menghasilkan lebih banyak cuan adalah dengan cara membuat aset digital sebanyak-banyaknya, tentunya dengan memperhatikan kualitas foto, desain maupun video.

Tips Berjualan di Situs Microstock

Untuk berjualan di situs Microstock sebenarnya mudah saja, paling tidak dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Buat Aset Digital Berkualitas

Perlu diketahui bahwa yang paling penting dalam bisnis Microstock adalah aset digital.

Buat stock digital sebanyak-banyaknya dengan memperhatikan kualitas dan benar-benar dikonsep secara matang.

2. Pilih Situs Microstock

Pilih situs Microstock 1 atau 2 dulu di awal-awal agar lebih fokus untuk upload aset digital karena biasanya permintaan format file di masing-masing situs berbeda-beda.

Yang terpenting nantinya disesuaikan saja format file tersebut sesuai dengan permintaan di situs Microstock yang kalian pilih.

3. Mamatuhi Peraturan

Sangat penting sekali para Microstocker mematuhi peraturan yang sudah ditentukan masing-masing situs Microstock.

Jika melanggar pastinya ada konsekuensi yang harus ditanggung.

Bisa diperingatkan, atau bahkan bisa langsung banned hingga tidak bisa lagi berjualan aset digital di situs Microstock tersebut.

Penutup

Berjualan aset digital di situs Microstock adalah alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan, boleh dibilang usaha sampingan.

Walaupun nyatanya ada yang menjadikannya sebagai penghasilan utama, hal tersebut adalah keputusan masing-masing dari kalian.

Yuk fokus bikin aset digital dan sama-sama berjuang untuk mendapatkan penghasilan dari Microstock!

Semangat kawan!

Tirta Wahyu

Hi, saya Tirta. Blogger dari Yogyakarta. Blog ini saya dedikasikan untuk membahas seputar Blogging dan dunia digital. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua :)

Leave a Comment